Jumat, 03 Mei 2013

BROTHERHOOD PENGENDARA MOTOR


artinya brotherhood? , apa
cuman say hi, toet toet sama bikers
yg laen, atau sowan antar klub/
komunitas? Kalo kata buku, kalo
kata kamus, Brotherhood itu artinya
feeling of brother for brother, atau
bisa juga disebut dengan kaitan
antara dua orang atau lebih dengan
minat dan tujuan yang sama,
so...bisa dibilang kalo brotherhood
itu merupakan ikatan sebuah
kelompok yang punya tujuan dan
hobby/minat/ keinginan yang sama
tanpa pandang bulu.
Nah... kalo kita bicara tentang
Brotherhood dalam sebuah
komunitas klub/komuntias motor?
Apa aturanya buat orang-orang yang
menganut faham brotherhood itu?.
Padahal, Brotherhood sendiri gak
punya aturan baku, gak punya
ketetapan apa yang harus dijalanin
dan gimana ngejalaninnya, itu
semua bentukan dari inisiatif dari
seorang bikers.
Dalam sebuah klub/komunitas
motor, arti brotherhood banyak
dikaitkan pada sesama pengguna
motor.
 
Add caption

Nah yang jadi pertanyaan sekarang
adalah..jika kamu join di komunitas/
klub motor yang menganut faham
brotherhood, apakah brotherhood
yang kamu bangun hanya sebatas
pada pengguna motor di klub/
komunitas yang kamu ikuti? Kalo
jawabannya iya, dan komunitasnya
memang menganjurkan sperti itu sih
gw saranin mendingan lu cabut dari
klub/komunitas yang lu ikutin, gak
ada gunanya lo ngomongin
brotherhood kalo emang hanya
sebatas anggota klub/komunitas,
inget Bro..brotherhood itu adalah
persaudaraan/ ikatan tanpa batas,
tanpa jenjang, tanpa melihat umur,
kalo lu emang brotherhood sama
pengguna motor...ya artinya lu
brotherhood sama pengguna motor
yang laen, mau susah mau senang
kita kita tetep brother...jangan pas
senengnya aja brother, pas susahnya
brodol! kalo emang ngaku bikers
brotherhood ya commit dong!
Jangan liat merek motor!, gak pake
liat sticker!.
Bro, dengan kita peduli saja, dengan
kita coba untuk mengingatkan
sesame bikers, saling menghormati
dan memberikan contoh yang baik
berperilaku di jalan raya,
merupakan cerminan apa itu
brotherhood.
So..perlu di garis bawahi juga buat
klub/komunitas yang menganut
faham brotherhood, kalo
brotherhood yang di anut cuman
hanya sebatas anggota aja, mending
ganti itu slogan jadi “Internal
Brotherhood”!! gak usah ngomongin
Brotherhood, Brotherhood itu luas,
butuh kerelaan,butuh keikhlasan,
butuh toleransi yang kuat.
Memang awal tumbuh kembangnya
rasa Brotherhood itu diwali dimulai
dari klub/komunitas itu sendiri,
dalam satu wadah yang didalamnya
saling mengenal, dan jangan salah
bro, sadar gak sadar Brotherhood
yang berjalan di komunitas yang ada
mungkin hanya 1% dari setiap
anggotanya yang berjiwa brotherhoo
d.
Contoh kasus brotherhood
Bro sendiri mungkin pernah punya
pengalaman sama “feels of
brotherhood”, pernah ngerasain
manis paitnya brotherhood, ini
pengalaman dari bro kita sendiri di
daerah renon sewaktu hujan lebat
kemaren, bayangin tengah malem
plus ujan-ujan ada seorang bikers
yang sengaja nongkrong di lokasi
sebelum banjir cuman buat ngasi
tau “bro..bro banjir bro!!”.
Mungkin masih banyak kasus lain
yang dialami para bikers. Seperti
motornya kendala dan mogok di
jalan, dan disamperin sama orang
yang gak dikenal yang coba
ngebantu semampunya, entah itu
coba semampunya dengan perbaiki
motornya, atau coba bantu STUT
(dorong) nyari bengkel terdekat.
Introspeksi
Coba bayangin, seberapa banyak sih
yang sadar tentang brotherhood? ,
at least yang coba ngebantu bikers
lain ketika mengalami kendala
dengan motornya...atau gak usah
jauh-jauh deh...ngebantu bikers
sesama pengguna merk motor tertentu yang
ngalamin masalah di jalan?. Sepeduli
apa bro semua ketika ngeliat bikers
yang dorong motor malem-malem
pinggir jalan, mungkin beda halnya
kalo yang dorong cewek cakep
bahenol nerkom! Mungkin bro rela
nolonginnya, asal dapet nomer
telpon heheheh..
So dari contoh-contoh simpel di
atas , disitulah kerelaan, keikhlasan,
toleransi dan kesempatan Bro semua
diuji. Tanpa pengen dinilai, tanpa
pengen dipuji, nggak supaya nama
komunitas/klubnya dikenal, smuanya
menjadi berarti ketika keikhlasan
yang murni dari bro sendiri untuk
melakukanya.
Titik balik seorang bikers ketika
merasakan dan memahami apa itu
brotherhood adalah ketika bikers
tersebut maumenjalakan apa yang
dirasakanya dan dijadikannya
sebagai pola seorang bikers.
Mudah-mudahan, suatu saat nanti
ketika bro sendiri ngerasain apa itu
brotherhood, bro bisa sadar,
menjadi bikers yang tidak selamanya
bisa eksis
SEMOGA BERMAMFAAT BRO & SISTA...