Senin, 17 Februari 2014

ISTILAH TOURING DI DUNIA BIKERS/CLUB MOTOR DI INDONESIA






CAPTAIN / ROAD CAPTAIN : 


Ini dia orang yang bertanggung jawab penuh sebagai Kumenan dalam Touring...Dialah Pemimpin dalam Touring karena apabila terjadi sesuatu maka Tugas Captain untuk menyelesaikan/memutuskan, misalnya : Ketika terjadi sesuatu di jalan Apakah Touring perlu dilanjutkan atau tidak atau yang menjadwalkan kapan pulang balik... tapi tentu saja anggota boleh memberi masukan dan argument...

FOREDER : 
Istilah ini kalau nggak salah berasal dari bahasa Kumpeni, tapi kemudian tetep dipake dengan bahasa sederhana "Foreder" dan kalau diartikan adalah pengawal,tetapi kalau dalam touring kita artikan sebagai pemimpin barisan, dia yang berada di depan barisan (kalau Captain sebagai pemimpin rombongan bisa berada di posisi mana saja, itulah hebatnya touring). Yang menjadi Foreder biasanya dipilih biker yang megerti jalan, bisa memimpin barisan dalam arti ahli mengatur kecepatan dalam perjalanan, mengatur formasi memberitahu kondisi jalan dengan kode tangan/kaki(karena dia yg paling depan) dia akan mengerti kapan kecepatan ditambah, dikurangi, berhenti, berbelok dll.

SWEEPER :
Kalau ini tugasnya nyapu-nyapu, dialah pengawal dalam barisan touring. Dalam sebuah rombongan touring, maka harus dipilih beberapa orang (tergantung jumlah rombongan, sebaiknya tiap 8-10 orang ada seorang sweeper) sebagai pengawal sekaligus pengaman rombongan, dia biasanya di posisi paling sebelah kanan rombongan tetapi bisa berada di depan, ditengah atau belakang rombongan, dialah yang mengatur kerapihan /kerapatan barisan dan mengingatkan / mempertegas perintah dari Foreder... orang yang dipilih biasanya yang mempunyai keahlian berkendara dengan sangat baik.

SAFETY OFFICER : 
Kalau dia posisinya sebagai pengaman jalur/jalan yang akan dilalui, misalnya kalau bertemu dengan simpangan atau juga menunjukkan arah yg harus diambil... kalau jumlahnya rombongan sedikit biasanya tugas ini dirangkap oleh Sweeper, Safety Officer ini biasanya dipilih yang paham jalan yang akan dilalui dan tujuan perjalanan..

TECHNICAL OFFICER : 
Dialah yang berperan sebagai payung dalam rombongan, biasanya kalau yang lain cuma bawa baju maka dia selain bawa baju juga bawa peralatan perbengkelan, memang sangat menyenangkan kalau dalam rombongan touring ada orang yang seperti ini ikut serta..

Selain itu ada juga istilah :

WING :
Wing ini seperti PIN, yang disematkan di jaket/rompi biasanya tertera tulisan even dan tanggal even, aturan pemberian wing mungkin berbeda beda tapi kalau nggak salah dalam aturan IMPI (CMIIW) seorang biker berhak mendapatkan wing apabila dia sudah melakukan sekali n perjalanan touring sejauh minimal 600 km atau telah melakukan touring sebanyak 5 kali.

WINGDAY :
Wingday ini biasanya diselenggarakan ketika ada acara besar beberapa komunitas menyelenggarakan hal tersebut ketika akan menyelenggarakan pergantian pengurus dll

FORMASI :
ini adakah susunan barisan dalam perjalanan touring.

KOPDAR :
Kopi Darat, ini istilah yang lazim digunakan untuk berkumpul di suatu tempat hanya untuk ngobrol ngalor ngidul, kadang dalam kopdar ini sering tercetus ide atau masukan ataupun bermacam informasi baik yang berkaitan dengan bisnis diantara peserta, rencana touring, dll